Indah Damai Nyaman
Salah satu dari tujuan pendidikan, yaitu untuk meningkatkan kemampuan akademik dan keterampilan yang dimiliki setiap siswa.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter generasi bangsa. Untuk itu Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi menggagas Program Pelajar Pancasila yang terdiri atas enam elemen yaitu; 1) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Masa Esa dan berakhlak mulia, 2) Berkebhinnekaan global, 3) bergotong royong, 4) Mandiri, 5) Kreatif, dan 6) bernalar kritis. Salah satu kegiatan yang dilakukan SMPN 48 Kota Bekasi dalam mengimplementasikan elemen profil pelajar Pancasila khususnya pada unsur berkhlak mulia, adalah Kepala Sekolah bersama guru piket melakukan pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan Salam Pagi Menyambut kedatanga siswa di Sekolah. Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa dengan keteladanan Kepala Sekolah bersama guru tentang akhlak mulia dan kedisiplinan datang tepat waktu di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari oleh Kepala Sekolah bersama guru piket yang telah dijadwalkan. Mereka menyambut kedatangan siswa di pintu gerbang sekolah dengan saling memberi salam dan berjabat tangan. Selain itu Kepala Sekolah bersama guru piket memberikan kata-kata motivasi dan teguran bagi siswa yang melakukan tindakan indisipliner bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pada hari itu, dengan memberikan pembinaan yang sifanya mendidik dan bermanfaat baik pada pribadi siswa itu sendiri maupun sekolah.
MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik baru menyatakan bahwa pengenalan lingkungan sekolah dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan MPLS Tujuan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Peserta Didik Baru,antara lain: Mengenali potensi diri peserta didik baru; Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah; Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru; Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya; Menumbuhkan perilaku positif, antara lain: kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Komentar (0)